Apa Itu Polimer?

Posted on October 27, 2010

5


Seringkali kita mendengarnya, namun mungkin belum tahu apa yang dimaksud secara mendetail. Kadang bayangan kita, polimer identik dengan plastik. Lebih jauh ingin tahu tentang polimer. Baca ulasan singkat berikut.

Polimer berasal dari bahasa Yunani, yaitu poly yang berarti “many” (banyak) dan meros yang berarti “part” (bagian). Dari sini dapat kita katakan bahwa polimer adalah susunan dari bagian-bagian yang banyak.

Secara lengkapnya, polimer ialah rangkaian atom yang panjang dan berulang-ulang dan dihasilkan dari sambungan beberapa molekul lain yang dinamakan monomer. Monomer-monomer ini mungkin serupa, atau mungkin juga mempunyai satu atau lebih kumpulan kimia yang diganti.

Polimer kadang disebut pula dengan plastik. Namun plastik sebenarnya hanya sebagian saja dari polimer karena polimer begitu banyak ragamnya. Di antara polimer ada yang alami dan ada pula yang sintetik.

Contoh bahan-bahan yang berasal dari polimer adalah sebagai berikut.

1. PVC (Polyvinyl chloride).

2. Polyethylen, yaitu plastik yang biasa kita temukan sehari-hari.

3. PTFE (Polytetrafluoroethylene), yang lebih terkenal dengan teflon

4. Rubber (karet)

Demikian dulu berbagi tentang apa itu polimer di pagi ini. Intinya, polimer tidak bisa lepas dari kehidupan kita apalagi untuk saat ini. Semoga bermanfaat. See you.

Written in KSU, Riyadh, KSA, on 19 Dzulqo’dah 1431 H (27/10/2010)
By: M. Abduh T
www.polimerabduh.wordpress.com

Posted in: Polymer