Mempelajari Ketahanan Plastik Terhadap Weathering

Posted on January 15, 2013

0


Kita biasa melihat plastik. Di antara plastik termasuk jenis low-density polyethylene (LDPE). Plastik ini dalam bentuk sheet (lembaran) biasa digunakan untuk penutup atap greenhouse. Greenhouse biasanya menggunakan kaca, namun saat ini lebih banyak menggunakan plastik jenis ini karena harganya yang murah dan mudah di-handle. Namun plastik ini hanya bertahan dalam waktu singkat ketika digunakan untuk tujuan tersebut yaitu sekitar 2-3 tahun. Sehingga saat ini di antara peneliti mulai mengkaji bagaimana agar plastik tersebut tidak mengalami degradasi yang cepat. Di antara caranya adalah dengan menambahkan aditif, semisal antioksidan.

Dari pengujian yang kami lakukan dengan mengekspos di udara terbuka selama 90 hari. Terbukti bahwa dengan penambahan antioksidan, dan yang kami gunakan adalah antioksidan mutakhir, dapat mengubah ketahanan mekanik, fisik, dan termal dari plastik LDPE. Analisis yang dilakukan setelah sampel dijemur (weathering) adalah melakukan uji tes mekanik, termal, fisika-kimia, dan morfologi.

Judul thesis dari penelitian kami adalah: A Study of Degradation and Stabilization for Low Density Polyethylene Films Used as Greenhouse Covering Materials.

Kelayakan thesis ini akan diuji pada hari Selasa, 17 Rabi’ul Awwal 1434 H (29 Januari 2013) di Ruang Rapat Chemical Engineering Department, King Saud University, Riyadh, KSA. Sidang tersebut akan terbuka untuk umum pada sesi pertama, mulai pukul 10.00 waktu Saudi Arabia, sekitar 30 menit waktu penyajian thesis. Bagi yang berkeinginan hadir, kami persilakan dan akan disediakan refreshment yang enak dengan menu Indonesia.

Muhammad Abduh Tuasikal

Riyadh-KSA, 3 Rabi’ul Awwal 1434 H

 

www.polimerabduh.wordpress.com

Posted in: Polymer